Dunia

20 WNI di Singapura Sembuh dari Covid-19 |BCC Indonesia

KBRI di Singapura mencatat terdapat 20 WNI yang sembuh dari Covid-19

BBCINDO.COM, SINGAPURA – Kedutaan Besar RI di Singapura mencatat terdapat 20 warga negara Indonesia (WNI) yang sembuh dari Covid-19 di negara tersebut. Dalam siaran pers, Senin, KBRI menyatakan hingga saat ini total 47 orang WNI yang dikonfirmasi positif Covid-19, 20 orang di antaranya sembuh.

“Dua orang meninggal dunia dan 25 orang masih menjalani perawatan,” sebut KBRI.

KBRI Singapura mengingatkan seluruh WNI yang berada di negara setempat bahwa status DORSCON Oranye masih berlaku sehingga tetap perlu waspada. Sejak 7 April 2020, Pemerintah Singapura memberlakukan pengetatan kebijakan (circuit breaker measures) demi memutus rantai transmisi lokal Covid-19 di Singapura.

Kebijakan itu – lain menutup seluruh tempat kerja kecuali yang terkait dengan pelayanan esensial. – lain seperti supermarket dan rumah makan yang dibatasi hanya untuk layanan bawa pulang serta layanan publik terkait dengan rantai pasokan global.

Pemerintah Singapura juga menghentikan seluruh kegiatan sosial dan kegiatan publik lainnya. Pemerintah setempat mewajibkan penduduknya mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Bagi yang melanggar akan dikenakan denda sebesar 300 SGD untuk pelanggaran pertama dan peningkatan denda dan hukuman untuk pelanggaran selanjutnya.

“Diharapkan seluruh WNI dapat mengikuti aturan dan imbauan sesuai ketentuan pengetatan terbaru dari Pemerintah Singapura yaitu tidak keluar rumah apabila tidak mendesak. Bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi, secara periodik mencuci tangan, segera ke dokter bila mengalami simtomatik, dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” lanjut keterangan KBRI.

Sesuai aturan dari Ministry of Manpower (MOM) Singapura, seluruh pekerja migran Indonesia (PMI) diminta untuk tinggal di rumah saat tidak bekerja. Imbauan ini untuk menghindari interaksi sosial di luar rumah sehingga mencegah kemungkinan penularan.

“Dan sesuai arahan dari Kemenaker Indonesia bahwa seluruh PMI diharap untuk tidak mudik Lebaran,” sebut KBRI.

Pemerintah Singapura mengoonfirmasi 596 kasus baru positif Covid-19 sehingga total kasus di negaranya menjadi 6.588 kasus. Terdapat 26 pasien yang baru dinyatakan sembuh sehingga total 768 orang yang dinyatakan pulih.

Dari 2.921 pasien positif yang masih dirawat di rumah sakit, mayoritas berada dalam kondisi stabil namun terdapat 22 pasien yang berada di ICU. Sedangkan sebanyak 2.888 kasus positif Covid-19 yang dinyatakan sehat secara klinis saat ini menjalani isolasi dan perawatan di beberapa fasilitas isolasi.



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top