Ekonomi

Apa Kabar Ekonomi Turki di Bawah Erdogan? |BCC Indonesia

Pemerintahan Erdogan yakin indeks kepercayaan ekonomi Turki akan terus naik.

BBCINDO.COM, ANKARA — Indeks kepercayaan ekonomi Turki di bawah Presiden Recep Tayyip Erdogan meningkat menjadi 61,7 pada Mei. Demikian otoritas statistik negara itu mengatakan pada Kamis.

Angka indeks kepercayaan konsumen pada Mei melonjak 20,4% dari 51,3 pada bulan lalu, di tengah normalisasi Turki dari pandemi virus corona yang memudar. Hal ini ditunjukkan dari data Institut Statistik Turki (TurkStat).

Kenaikan dari bulan ke bulan didorong oleh peningkatan indeks konsumen, sektor riil, jasa, perdagangan ritel, dan indeks kepercayaan konstruksi.

Indeks kepercayaan konstruksi melonjak paling tinggi dari bulan lalu, di 31,1%. Layanan dan indeks kepercayaan konsumen diikuti masing-masing dengan kenaikan 10,8% dan 8,5%. Indeks kepercayaan perdagangan ritel juga mengalami kenaikan 5%.

Indeks kepercayaan ekonomi merupakan indeks berupa angka dari gabungan sektor yang merangkum evaluasi, harapan, dan kecenderungan konsumen dan produsen tentang situasi ekonomi secara umum.

Data ini menunjukkan pandangan optimistis tentang situasi ekonomi Turki ketika indeks di atas 100. Sementara indeks menunjukkan pandangan pesimistis ketika di bawah 100.

 

Link: https://www.aa.com.tr/en/economy/turkey-economic-confidence-jumps-in-may/1855932



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top