Dunia

Brasil Hampir Menjadi Pusat Wabah Baru Virus Corona

Brasil muncul sebagai negara berikutnya yang berpotensi menjadi pusat infeksi virus corona, di tengah sikap Presiden Jair Bolsonaro yang berkeras bahwa penyakit itu hanya “flu kecil”.

Bolsonaro menganggap tidak perlu diberlakukan pembatasan jarak aman yang ketat untuk memperlambat penyebaran penyakit itu. Padahal, pembatasan itu sudah terbukti berhasil memperlambat penyebaran Covid-19 di Eropa dan AS.

Ketika beberapa negara bagian AS dan negara-negara Eropa bergerak secara bertahap, Senin (27/4), untuk melonggarkan pembatasan mobilitas dan perdagangan, pandemi corona malah semakin menghebat di Brasil, negara terbesar di Amerika Latin.

Dengan penduduk 211 juta orang, pandemi Covid-19 membuat sebagian rumah sakit di Brasil kewalahan,dan semakin banyak korban yang sekarat di rumah.

“Kondisi kami semua di sini menjadi jauh lebih serius,” kata Paulo Brandão, seorang ahli virus di Universitas Sao Paulo.

Brasil secara resmi melaporkan sekitar 4.500 kematian dan 67.000 kasus yang terkonfirmasi. Namun jumlah sebenarnya di sana, seperti di banyak negara lain, diyakini jauh lebih tinggi mengingat kurangnya tes dan banyak orang tanpa gejala parah yang belum mencari perawatan rumah sakit. [ps/ft]



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top