Hukum

Epidemiolog Unpad Buat Simulasi Penyebaran Covid-19 di Jabar |BCC Indonesia

Perdasarkan pemodelan, jika PSBB diperketat sedikit lagi wabah bisa berakhir sebulan.

BBCINDO.COM, BANDUNG — Ahli epidemiologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Panji Fortuna Hadisoemarto mengatakan pergerakan dan kontak anggota masyarakat menjadi kunci dalam menekan kasus covid-19 di jawa Barat. Semakin kecil persentase pergerakan masyarakat, pandemi covid-19 semakin cepat ditanggulangi. Hal tersebut didapat berdasarkan permodelan yang dia buat.

“Saya membuat simulasi bagaimana covid-19 akan menyebar di Jabar dalam beberapa skenario,”ucap dia.

Yang pertama, skenario kondisi sekarang. Dia mengatakan, walau PSBB sudah berhasil menurunkan transmisi, tetapi ada sisa transmisi yang menyebabkan masih ada kasus baru setiap hari.

Sebaliknya, jika pergerakan masyarakat tidak dapat ditekan lebih kecil, maka pandemi covid-19 baru bisa teratasi sampai tiga tahun ke depan. Untuk itu, Panji merekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Jabar agar pergerakan masyarakat terus ditekan.

Dia mengatakan, berdasarkan pemodelannya, jika disimulasikan pengetatan sedikit lagi akan itu bisa mempercepat habisnya wabah covid-19 di Jabar. Bahkan, dalam waktu kurang dari satu bulan.

“Pada dasarnya, pemodelan yang saya buat merekomendasikan bahwa kita harus mengetatkan PSBB sedikit lagi, agar penurunan dengan cepat itu bisa terjadi,” katanya.

sumber : –



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top