Dunia

Gempa Magnitudo 7,8 Landa Pulau Kuril di Rusia, Dekat Jepang

Gempa dengan magnitudo 7,8 melanda Pulau Kuril, Rusia pada Rabu.

BBCINDO.COM, JAKARTA — Gempa dengan magnitudo 7,8 melanda lepas pantai 218 kilometer selatan-tenggara Severo di Pulau Kuril, Rusia, demikian Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) pada Rabu. Survei Geologi AS meyakini bahwa gempa itu berpusat di 218 kilometer selatan-tenggara kota Severo di Kepulauan Kuril Rusia.

Episentrum gempa tampaknya berada di sekitar Laut Okhotsk, di – Rusia dan Jepang. Menurut The Guardian, Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS (USGS) mengatakan, peringatan tsunami telah dicabut.

USGS menyatakan, gempa tersebut berada di kedalaman 59 km, sekitar 1,400 km timur laut Sapporo, Jepang. Belum ada laporan kerusakan dari bencana tersebut.

The Pacific Tsunami Warning Centre semula mengatakan, gelombang tsunami berbahaya mungkin terjadi dalam radius 1.000 km dari pusat gempa. Mereka mengungkapkan, gempa dengan kekuatan sebesar itu  di masa lalu telah menyebabkan tsunami jauh dari pusat gempa.

Belakangan, insitusi itu mengatakan, “hanya gelombang tsunami sangat kecil yang dihasilkan oleh gempa bumi ini dan tidak ada ancaman lebih lanjut”.

“Gelombang tsunami diperkirakan kurang dari 0,3 meter di atas tingkat pasang,” kata pusat itu dalam nasehatnya tentang risiko yang mungkin dihadapi pantai Hawaii, Jepang, Rusia dan pulau-pulau Pasifik di Midway, Marianas Utara dan Pulau Wake.

sumber : -, Reuters



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top