Ekonomi

Kawasan Industri Brebes Siap Tampung Relokasi Pabrik AS |BCC Indonesia

Indonesia bersaing dengan sesama anggota ASEAN meraih peluang relokasi industri ini.

BBCINDO.COM, JAKARTA — Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan kesiapan kawasan industri (KI) Brebes, Jawa Tengah untuk menjadi area relokasi sejumlah pabrik perusahaan Amerika Serikat (AS) dari China sebagai dampak perang dagang. Indonesia harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Agus mengatakan, pengembangan KI Brebes harus terus didorong untuk bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Terlebih, Kemenperin melihat peluangnya sangat besar.

“Kalau kita tidak bisa pergunakan atau tangkap peluang ini, sangat sayang sekali. Rencananya ada relokasi perusahaan industri dari Jepang dan AS yang akan keluar dari China,” kata Agus dalam keterangannya, diterima BBCINDO.COM, Sabtu (30/5).

KI Brebes ditargetkan menjadi basis industri untuk sektor industri tekstil dan produk tekstil, industri kulit dan alas kaki, industri makanan dan minuman, industri mebel, serta industri farmasi dan alat kesehatan.

Khusus untuk sektor farmasi, kebutuhan yang disampaikan oleh industri itu yang akan relokasi dari China kepada Kemenperin adalah keinginan untuk berbisnis di Jawa. Sehingga Brebes menjadi tujuan yang memang sangat masuk akal untuk mengarahkan industri yang melakukan relokasi ke sana.

Agus melanjutkan, harus pahami bahwa bukan hanya Indonesia yang akan melakukan pendekatan ke pemerintah dan perusahaan Jepang dan Amerika Serikat yang ingin merelokasi industrinya. “Ada negara-negara tradisional yang menjadi kompetitor kita, seperti negara-negara di kawasan ASEAN,” kata Agus.

 



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top