Dunia

Meksiko tidak Berencana Tutup Perbatasan |BCC Indonesia

Meksiko beranggapan menutup perbatasan tidak berkaitan dengan mengendalikan pandemik.

BBCINDO.COM, MEXICO CITY — Deputi menteri kesehatan Meksiko mengatakan tidak ada rencana untuk menutup perbatasan. Walaupun angka kematian akibat virus korona di negara itu melonjak dari naik 37 menjadi 50.

“Tidak ada rencana, karena tidak ada niatan untuk menggunakan mekanisme penutupan perbatasan seolah-olah mekanisme itu berguna untuk mengendalikan pandemi,” kata Deputi Menteri Kesehatan Meksiko Hugo Lopez-Gatell, melansir reuters, Jumat (3/4).

Lopez-Gatell mengakui masyarakat umum berharap langkah untuk membatasi fisik dapat mengatasi epidemi. “Tidak ada bukti ilmiah dan  historis yang menunjukkan langkah jenis itu berguna,” katanya.

Namun Lopez-Gatell kembali menegaskan warga Meksiko yang di Amerika Serikat (AS) untuk tidak melakukan kunjungan yang tidak mendesak ke Meksiko. Himbauan ini dilakukan untuk menahan lajut penyebaran virus di negara itu.

Pada Jumat ini Kementerian Kesehatan Meksiko melaporkan sejauh ini total kasus infeksi di negara itu mencapai 1.510 kasus. Naik 132 kasus dibandingkan kemarin. Sementara AS masih menjadi negara dengan kasus virus korona terbanyak di dunia.

Berdasarkan data Center for Systems Science and Engineering (CSSE) dari Johns Hopkins University jumlah kasus infeksi di AS sudah mencapai 245.540 kasus. Sebanyak 6.053 orang meninggal dunia dan 9.148 pasien sembuh.

Total kasus infeksi virus korona di seluruh dunia mencapai 1.016.128 kasus. Dari angka ini, jumlah kematian telah melewati 51 ribu jiwa, sementara 211.615 pasien berhasil sembuh.

Presiden AS Donald Trump telah menginisiasi peraturan produksi pertahanan untuk membangun pabrik produksi masker N95 di Minnesota. Trump menandatangani memo untuk Sekretaris DHS Chad Wolf agar menggunakan semua otoritas yang dimungkinkan di bawah peraturan tersebut untuk memproduksi masker.



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top