Ekonomi

Panorama Siapkan Transportasi Khusus Tim Medis Covid-19 |BCC Indonesia

Seluruh kru bus Panorama Destination dibekali pelatihan sebelum bertugas.

BBCINDO.COM, JAKARTA — Sektor industri pariwisata saat ini tengah mengalami tekanan hebat akibat pandemi global virus corona atau Covid-19. Hal ini dikarenakan banyaknya penutupan ataupun pembatasan antarnegara dan juga antarwilayah untuk meredam penyebaran Covid-19.

Melihat masifnya penyebaran virus corona, Panorama Group sebagai salah satu pemain di industri pariwisata di Indonesia tidak tinggal diam. Melalui unit-unit transportasi yang dimiliki, Panorama menyiapkan armada kendaraan bus untuk dijadikan kendaraan antar jemput tim medis dari rumah sakit khusus Covid-19 ke hotel-hotel yang telah ditunjuk Pemerintah untuk melayani tenaga medis untuk beristirahat.

Armada bus ini dikerahkan melalui dua unit usaha yaitu Panorama Destination dan White Horse. Total kru bus kedua unit usaha berjumlah 38 orang (pengemudi dan asisten pengemudi) dan 11 armada bus.

Adapun armada bus yang dikerahkan oleh Panorama Group seluruhnya akan mengikuti protokol kesehatan sesuai standar WHO. Kru bus harus dalam keadaan sehat, adanya aturan duduk berjarak minimal satu meter di dalam bus, serta dilarang membuka jendela selama perjalanan demi meminimalisasi penyebaran virus.

Kru bus juga dibekali masker bedah dan sarung tangan, alat pengukur suhu non kontak, hand-sanitizer, sprayer, disinfektan, kain lap, gunting, dan kantong plastik sampah. Penyemprotan disinfektan secara rutin di dalam bus baik sebelum dan setelah pengantaran maupun penjemputan tim medis pada bagian kendaraan yang sering disentuh.

Pengemudi dan asisten pengemudi pun diinapkan di hotel yang sama dengan tim medis selama bertugas. Seluruh kru bus Panorama Destination dibekali pelatihan sebelum bertugas.

“Dengan adany apelatihan ini, kru bus dapat merasa lebih aman karena dibekali knowledge tentang Covid-19 sehingga lebih memahami pula pencegahannya sehingga lebih siap dalam menjalankan tugasnya saat membawa tim medis nanti,” tutur Martini Polina, Direktur Transportasi Panorama Destination.

Senada dengan Panorama Destination, White Horse Group juga melakukan pelatihan. Pelatihan dilakukan di pool bus Panorama dan White Horse. Pelatihan dilakukan kru bus sebelum operasi ini dimulai. Pelatihan ini diharapkan akan membantu pengemudi maupun asisten pengemudi agar lebih siap dalam menjalankan tugas sesuai dengan standar yang berlaku.

“Kami berharap armada kami dapat memperlancar tugas tim medis, sehingga tim medis dapat fokus bekerja dalam menanggulangi Covid-19. Semoga kita semua bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa Indonesia agar terlepas dari wabah virus Covid-19. Terimakasih kami ucapkan kepada tim medis yang telah berkerja keras dalam memerangi virus ini.” tutur Tiodora Bonardy, Direktur Sales and Marketing White Horse Group.

Selain membantu tim medis melalui armadanya, Panorama Group melalui Yayasan Panorama Anugerah atau dikenal dengan Panorama Foundation saat ini juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam memberikan bantuan dana. Dana yang disalurkan oleh masyarakat akan digunakan untuk pembelian alat pelindungdiri (APD) yang akan diberikan kepada tim medis di rumah sakit rujukan dan alat semprot serta disinfektan untuk masyarakat sekitar wilayah DKI yang terdampak Covid-19.

“Pariwisata sebagais ektor terdampak Covid-19 ingin bersama-sama masyarakat memerangi virus ini agar kondisi usaha dan kehidupan sehari-hari kembali normal seperti sediakala.” tutup AB Sadewa, Vice President Brand and Communications Panorama Group.



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top