Dunia

Pengusaha Afrika Selatan Ciptakan Aplikasi Informasi Terkait Virus Corona

Sebuah aplikasi Whatsapp yang diluncurkan di Afrika Selatan telah digunakan oleh jutaan warga dalam waktu singkat untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pandemi virus corona.

Praekelt.org menciptakan aplikasi itu untuk membantu penduduk meningkatkan kesehatan mereka. Salah satu aplikasi lainnya yang juga sukses disebut Mom Connect, yang memberikan informasi penting bagi perempuan hamil dan bisa menghubungkan mereka langsung dengan petugas layanan kesehatan.

Gustaf Praekelt, pendiri praekelt.org melihat adanya kebutuhan informasi segera tentang virus corona. Pemerintah Afrika Selatan telah menyediakan layanan telpon khusus, tapi kewalahan melayani jumlah besar pertanyaan yang masuk.

Kata Praekelt, ia khawatir penduduk tidak bisa mengakses informasi yang bisa dipercaya, dan mudah terpengaruh oleh kabar-kabar angin, khususnya di tengah pandemi virus corona ini.

Dalam 10 hari pertama sejak diluncurkan paket aplikasi telepon pintar itu telah digunakan oleh 3,5 juta orang. Praekelt bergabung dengan WHO untuk menciptakan aplikasi serupa bagi penduduk di seluruh dunia. Tujuan pentingnya adalah untuk melawan informasi yang keliru tentang pandemi itu. [ii/pp]



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top