Politik

PKS Kritik New Normal Covid-19 Jokowi |BCC Indonesia

Melontarkan wacana new normal justru dinilai membingungkan masyarakat.

BBCINDO.COM, JAKARTA — Anggota DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera, mengritik pernyataan Presiden Joko Widodo terkait new normal atau normal baru di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, hal tersebut justru membingungkan masyarakat.

“Melontarkan wacana new normal di tengah masyarakat dan pemerintah daerah sedang berjuang melawan Covid-19 itu membingungkan,” ujar Mardani saat dihubungi, Ahad (17/5).

Pemerintah daerah akan menjadi pihak yang paling dibingungkan terkait istilah tersebut. Pasalnya, sejumlah kebijakan sebelumnya juga tak jelas dan tegas penerapannya. “Sama bingungnya dengan ketidakjelasan larangan mudik dengan izin bepergian dengan pesawat terbang. Hentikan usaha merepotkan dam memberatkan Pemda dan masyarakat,” ujar Mardani.

Menurutnya, Jokowi seharusnya fokus pada penanganan agar angka kasus Covid-19 menurun signifikan. Jika jumlah kasus positif tak menurun, sebaiknya pemerintah mengurungkan niatnya dulu untuk melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Pemimpin yang baik tahu kondisi masyarakatnya. Indonesia punya kekhasan luas geografi dan beragam suku bangsa,” ujar Ketua DPP PKS itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masyarakat harus bisa hidup berdampingan dengan virus corona. Sebab, berdasarkan informasi dari WHO, virus ini tak akan hilang meskipun jumlah kasus sudah mulai menurun.

Tahapan baru inilah yang disebutnya sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru. Masyarakat nantinya dapat kembali beraktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini. Itu keniscayaan, itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal. Atau tatanan kehidupan baru,” jelas dia.



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top