Ekonomi

Selama Ramadan, BRI Siapkan Uang Tunai Rp 37,2 Triliun |BCC Indonesia

Jumlah uang tunai yang disiapkan BRI turun dibandingkan tahun lalu.

BBCINDO.COM, JAKARTA– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 37,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan lebaran tahun ini. Adapun jumlah uang yang disiapkan tersebut turun 22,82 persen jika dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 48,2 triliun.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI A Solichin Lutfiyanto mengatakan perseroan menyiapkan langkah-langkah untuk memberikan layanan perbankan yang prima bagi masyarakat menjelang lebaran di tengah pandemi Covid-19.

“Setiap tahun memang tren kebutuhan uang kas menjelang lebaran semakin menurun, karena masyarakat sudah mulai beralih ke transaksi digital. Untuk tahun ini faktor lain yang mempengaruhi penurunan tersebut adanya pandemi yang terjadi,” ujarnya dalam keterangan tulis di Jakarta, Senin (4/5).

Selain mempersiapkan uang tunai, BRI juga memastikan kesiapan jaringan kantor dan e-channel. Sebanyak 236 Kantor BRI di seluruh Indonesia telah disiagakan untuk memberikan layanan terbatas bagi masyarakat serta penebusan setoran BBM atau non-BBM dari Pertamina dan Bulog.

Selain itu sebanyak 17 Kantor BRI melayani layanan penjemputan (pick up services) ASDP dan 62 Kantor BRI melayani pick up services Garuda Indonesia. Khusus untuk e-channel, BRI telah menyiapkan 18.667 mesin ATM dan 3.809 mesin CRM yang tersebar di seluruh Indonesia.

“BRI telah menyiapkan task force khusus yang nantinya akan melakukan patroli dan pengecekan secara berkala terhadap mesin-mesin tersebut, sehingga nantinya apabila terjadi suatu kendala bisa segera diatasi secara cepat,” tuturnya.

Sebagai alternatif bertransaksi perbankan, masyarakat juga dapat memanfaatkan Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia hingga pelosok. Saat ini tercatat BRI memiliki lebih dari 428 ribu agen yang melayani transaksi perbankan seperti setor dan tarik tunai, transfer antarbank, pembayaran, isi ulang pulsa, belanja merchant, informasi rekening serta penjualan Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM).

Para agen ini beroperasi melayani transaksi keuangan masyarakat selama tujuh hari dalam seminggu dan tidak sedikit yang beroperasi penuh selama 24 jam dalam sehari. Solichin juga terus menghimbau kepada masyarakat untuk bertransaksi digital menggunakan BRImo (mobile banking BRI) dan internet banking BRI sebagai bentuk dukungan terhadap PSBB dan imbauan physical distancing dari pemerintah.

“BRI telah menyiapkan berbagai promo menarik selama periode Ramadan dan lebaran bagi masyarakat untuk bertransaksi melalui BRImo dan internet banking BRI dengan harapan masyarakat semakin nyaman, aman dan mudah bertransaksi perbankan BRI dari rumah,” ucapnya.



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top