Dunia

Tour de Suisse Tahun Ini Dibatalkan |BCC Indonesia

Pembatalan Tour de Suisse tahun ini menjadi yang pertama kalinya sejak PD II.

BBCINDO.COM, JAKARTA — Tour de Suisse tahun ini dibatalkan menyusul kekhawatiran pandemi virus Covid-19. Pihak penyelenggara pada Jumat (3/4) menyatakan, tak akan melakukan penjadwalan ulang ajang balap sepeda sepanjang delapan hari itu.

“Ini merupakan kali pertama sejak Perang Dunia (PD) II ajang tradisional ini tidak digelar,” kata laman resmi penyelenggara seperti dikutip AFP, Jumat.

Tour yang dijadwalkan digelar 7-14 Juni itu menjadi ajang balap sepeda level tinggi pertama yang ada di kalender musim balap sepeda. Kendati pemerintah Swiss tidak melarang ajang itu, panitia penyelenggara menjabarkan daftar potensi masalah yang timbul jika balapan tetap digelar.

Salah satunya dukungan dari pihak militer dan kepolisian untuk menjamin keamanan dari kompetisi yang pertama kali digelar pada 1933 itu. Selain itu adanya pembatasan perjalanan bagi tim kompetitor dari negara-negara lain serta resiko memberi tekanan tambahan terhadap sistem kesehatan Swiss jika ada kecelakaan.

Penyelenggara juga menyebut jika kurangnya persiapan para pebalap yang bermarkas di negara-negara yang melarang bersepeda di luar membuat kompetisi tidak adil. Pembatalan itu juga didorong oleh bergugurannya sponsor dan penjualan penginapan sehingga penundaan lebih lanjut akan mengakibatkan bertambahnya biaya untuk penyelenggara, sponsor dan kota tuan rumah.

Sementara itu musim balap sepeda sedang ditunda hingga akhir Mei nanti, sedangkan Tour de France kemungkinan masih bisa digelar mulai 27 Juni nanti.

sumber : –



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top