Dunia

Trump akan Hentikan Sementara Imigrasi ke AS

Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan mengeluarkan perintah eksekutif yang akan menghentikan untuk sementara arus imigrasi ke AS karena wabah virus corona, Selasa (21/4).

Surat kabar “The Washington Post” melaporkan hal tersebut setelah mendapat informasi dari dua pejabat Gedung Putih,

Perintah eksekutif yang akan dikeluarkan Trump ini menyusul cuitannya di media sosial Twitter, Senin malam (20/4), yang secara tegas menyebutkan akan mengambil kebijakan itu.

“Karena serangan Musuh Tidak Terlihat, dan perlunya melindungi pekerjaan bagi rakyat Amerika, saya akan menandatangani perintah eksekutif yang akan menghentikan imigrasi ke Amerika Serikat untuk sementara waktu,” katanya di Twitter.

Istilah Musuh Tidak Terlihat itu merujuk pada virus corona yang telah menewaskan lebih dari 42.000 orang di AS, dan menjangkiti lebih dari 766.660 orang.

Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan sekitar 462.000 visa imigran pada tahun fiskal 2019, sementara Dinas Kewarganegaraan dan Imigrasi AS (USCIS) memberikan surat izin tinggal permanen (kartu hijau) ke hampir 577.000 individu.

Trump mengatakan, langkah itu juga akan melindungi pekerjaan di Amerika. Sebagaimana banyak diberitakan media, meskipun sejumlah negara bagian telah memberlakukan lockdown atau langkah serupa lainnya, wabah virus corona telah mengakibatkan sedikitnya 22 juta orang di AS kehilangan pekerjaan.

Cuitan Trump itu tidak merinci bagaimana dan berapa lama kebijakan itu akan diberlakukan. [ab/uh]



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top