Dunia

Trump Tidak Khawatir tentang Keakuratan Tes Abbott

Presiden Donald Trump, Jumat (15/5), mengatakan tidak mengkhawatirkan tes cepat virus corona yang menjadi andalan Gedung Putih untuk memastikan keselamatannya, meskipun data baru menunjukkan tes tersebut bisa menunjukkan hasil negatif yang salah.

Trump menyatakan keyakinannya pada tes dari Abbott Laboratories itu setelah studi para peneliti Universitas New York sebelumnya melaporkan masalah terkait dengan alat tes tersebut.

Trump dan para pembantunya telah mempromosikan tes 15 menit itu sebagai “alat yang menentukan” dan sudah berminggu-minggu menggunakannya untuk keamanan Gedung Putih.

Badan Makanan dan obat-obatan AS (FDA), Kamis malam (14/5), mengumumkan sedang menyelidiki data awal yang menunjukkan bahwa tes Abbott bisa melewatkan sejumlah besar kasus COVID-19, karena keliru mendeteksi pasien yang terinfeksi.

“Abbott adalah tes yang hebat; tes yang sangat cepat,” kata Trump pada acara di Rose Garden yang menyoroti upaya pemerintahannya mengembangkan vaksin untuk virus. “Dan bisa dengan cepat dicek ulang” kata Trump.

Uji usap (swab test) itu digunakan setiap hari di Gedung Putih untuk menguji Trump, anggota staf seniornya serta setiap pengunjung ke kompleks Gedung Putih yang datang berdekatan dengan presiden atau Wakil Presiden Mike Pence. Tes itu juga digunakan untuk membenarkan keputusan sebagian besar staf Gedung Putih tidak memakai masker sampai mereka diperintahkan untuk melakukannya awal minggu ini.

Pejabat Gedung Putih hari Jumat masih menggunakan tes Abbot ID Now. [my/pp]



Sumber Berita

Klik untuk komentar

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top